Bisnis Online Rumahan Gratis Tanpa Modal

Mau menghasilkan uang tanpa keluar rumah?

Pasti mau banget…apalagi buat ibu rumah tangga yang sibuk dengan kegiatan dirumah untuk mengurus kebutuhan keluarga. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah.

Tahun 2020 ini sudah banyak orang yang mulai bekerja dirumah saja akibat wabah virus corona yang melanda dunia.

Baca juga : Pengertian SEO dan Penjelasannya

Banyak alasan kenapa orang lebih suka bekerja dirumah, mulai dari jam kerja yang tidak mengikat, waktu dengan keluarga lebih banyak, kemacetan yang terjadi hampir setiap hari, dan Anda tidak perlu menyewa tempat untuk berbisnis.

Cukup dengan smartphone, laptop dan internet Anda sudah bisa menghasilkan uang dirumah.

Jika Anda masih bingung usaha apa yang ingin Anda jalankan, berikut ini akan coba saya bahas beberapa jenis bisnis yang bisa Anda lakukan dirumah.

1. Jasa Digital Editing

Jika Anda punya kemampuan dibidang otak atik video, foto, maupun audio maka bisnis online yang pas untuk Anda adalah menyediakan jasa editing.

Digital Editing

Kebutuhan jasa editing saatini sebenarnya cukup tinggi, jika hasil editan kalian bagus dan berkualitas pasti banjir order.

Mulailah dengan belajar teknik editing, kuasai software, edit video, foto, dan audio kemudianfokuslah pada bidang yang paling Anda kuasai.

Setelah menguasai tekniknya lalu coba promosikan di project.id atau lewat media sosial maupun website pribadi. Buatlah portofolio semenarik mungkin.

2. Online Shop

Saat ini bisnis online shop jadi primadona oleh banyak orang, apalagi bagi yang ingin kerja dirumah saja.

Online Shop

Jika Anda punya keahlian untuk membuat website, maka pekerjaan membuat toko online menjadi lebih mudah. Masyarakat sekarang lebih suka belanja online daripada offline. Khususnya untuk barang yang mudah dikirim lewat jasa kurir.

Bagaimana langkah langkah membuat toko online?

  • Tentukan sistem tokonya;
  • Beli domain dan hosting;
  • Pasang Thema sistem toko online. Ada yang gratis dan yang berbayar;
  • Belajar dari toko online lain melalui sosial media, YouTube, Facebook dan lainnya.

Setelah toko online Anda jadi langkah selanjutnya adalah promosi, bisa lewat media sosial, komunitas, google adsense maupun blog.

3. Menjadi Publisher atau Blogger

Ada banyak informasi gratis yang bisa Anda dapatkan di internet. Banyak orang rela membuat artikel yang bagus kemudian diterbitkan secara terbuka di blog. Kog bisa begitu ya….

Ternyata mereka mendapatkan penghasilan dari iklan. Inilah peluang usaha yang menjanjikan bagi yang suka menulis dan berbagi pengetahuan.

Cara kerjanya sangat mudah. Anda bisa memulai dengan membuat website kemudian menampilkan kode iklan maka iklan akan muncul secara otomatis, jika pengunjung melakukan klik di iklan maka Anda akan mendapatkan komisi.

Seperti itu aja kerjanya. Mudah kan….

Makanya bisnis seperti ini menjadi sangat populer. Untuk bisa sukses menjadi publisher atau Blogger Anda harus punya konten berkualitas. Google tidak akan menerima website Anda jika tidak berkualitas.

4. Menawarkan jasa

Desain grafis

Jika Anda punya keahlian di bidang desain grafis tidak ada salahnya dicoba.

Saat  ini perkembangan teknologi informasi sangat pesat, dan tentunya banyak yang membutuhkan jasa desain grafis.

Desain Grafis

Sebagai penyedia jasa desain grafis Anda memiliki peluang yang tidak terbatas. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan klien dari luar negeri.

Bagi Anda yang masih pemula teruslah berlatih untuk meningkatkan kualitas dan menambah portofolio Anda.

Anda bisa memanfaatkan marketplace penyedia jasa dengan bergabung untuk mendapatkan kesempatan menerima proyek yang lebih banyak baik dari dalam maupun luar negeri.

Jika Anda sudah menjadi seorang desain grafis profesional maka sebuah desain bisa jadi sangat mahal.

Website online

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat website maka Anda memiliki peluang yang besar untuk sukses.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan website sebab website merupakan representasi dari perusahaan dan sebagai media untuk mempromosikan produknya.

Anda cukup membuat website sendiri untuk menawarkan jasa dan menawarkan ke banyak perusahaan seperti perusahaan kelas menengah kebawah, perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Menjual jasa SEO

Faktor kesuksesan bisnis online berasal dari traffic dan cara mendapatkan traffic yaitu dari mesin pencari.

Jasa SEO

Agar mendapatkan traffic dari mesin pencari adalah mengoptimasi website. Salah satu teknik nya adalah dengan teknik SEO.

Bisnis online berkembang sangat pesat dan banyak pebisnis tidak sempat belajar SEO, itulah sebabnya penyedia jasa SEO sangat dibutuhkan.

Untuk mendapatkan jasa SEO yang terpercaya tidaklah mudah, sebagian besar penyedia jasa SEO saat ini hanya menjual backlink yang didapatkan dari teknik black hat yang malah berbahaya untuk bisnis.

Jadi jika Anda belum menguasai tentang membuat website yang sukses maka menyediakan jasa SEO tidak disarankan untuk Anda.

5. Penulis Artikel Freelance

Seperti yang sudah disebutkan diatas tentang publisher bahwa butuh artikel yang berkualitas agar bisa diterima google. Sayangnya tidak semua orang bisa membuat artikel yang berkualitas.

Penulis Freelance

Melihat banyak orang yang membuat blog untuk mendapatkan penghasilan dari iklan maka penulis artikel juga bisa kecipratan rejeki.

Ada Penulis yang menjual artikel murah dengan mengejar jumlah kata tertentu ada juga penulis yang menulis artikel untuk website besar dan portal berita.

Oleh karena itu Anda harus tahu teknik penulisan artikel yang benar. Untuk sukses menjadi penulis artikel Anda harus punya blog yang bisa ditunjukkan sebagai contoh tulisan Anda.

6. Reseller atau Dropshiper

Dropshipping berarti berjualan tanpa ada stok. Jadi ketika ada order masuk Anda akan meneruskan orderan tersebut ke pihak ketiga (supplier). Mereka lah yang akan mengirimkan barang nya ke pembeli.

Si supplier biasanya akan mengirimkan barang atas nama Anda. Enak kan…..

Beberapa marketplace yang menyediakan sistem dropship adalah Tokopedia, Bukalapak, shopee, lazada dll.

Beberapa keuntungan menjadi Dropshiper diantaranya adalah :

  • Tidak butuh banyak modal
  • Tidak butuh stok barang
  • Bisa dilakukan dimana saja.

Namun demikian, ada beberapa kelemahan yang dimilikinya, diantaranya adalah :

  • Margin keuntungan lebih kecil.
  • Kualitas barang tidak terkontrol
  • Tidak bisa memonitor stok di pihak Supplier.

Melihat kelebihan dan kerugian menjadi Dropshiper tetap menjadi pilihan yang mudah dan murah untuk Anda memulai bisnis online dirumah.

Yang perlu diperhatikan adalah meski Anda mengorder di pihak ketiga tapi dengan menjadi Dropshiper tanggung jawab kustomer ada ditangan Anda.

Jadi sebaiknya Anda memesan dulu beberapa produk nya sebelum menjual agar Anda tahu sendiri kualitas produknya.

7. Penerjemah

Menjadi penerjemah Indonesia- Inggris dan sebaliknya jadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk bisnis sampingan yang tidak banyak menyita waktu.

Beberapa tips dan trik agar bisa sukses jadi Penerjemah yaitu:

  1. menguasai satu bahasa asing secara mahir;
  2. Menguasai kemampuan menulis pada masing masing
    bahasa
  3. Membuat portofolio;
  4. Bergabung dengan komunitas

8. Affiliate Marketing

Bisnis ini termasuk bisnis yang mudah dilakukan. Sehingga banyak sekali para pemula yang menjalankan bisnis ini.

Affiliate Marketing

Dalam sistem Affiliate Marketing, tugas Anda adalah mempromosikan kode link saja. Jika ada yang tertarik untuk membeli maka konsumen Anda akan langsung berhubungan dengan si penjual untuk melakukan deal transaksi.

Setelah terjadi transaksi maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan oleh program Affiliate tersebut.

9. Menjadi YouTuber

Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dirumah salah satunya dengan menjadi YouTuber.

Menjadi YouTuber

Masalah yang sering muncul di YouTube adalah masalah hak cipta. Jadi sebaiknya Anda menghindari konten video yang bermasalah dan lebih baik jika video tersebut Anda buat sendiri.

YouTube akan memberikan penghasilan dari iklan yang terpasang divideo kita, semakin banyak orang yang menonton video Anda maka akan semakin banyak penghasilan Anda.

Jenis iklan di YouTube ada 2 yaitu :

  • pendapatan komisi tiap klik;
  • pendapatan komisi tiap kali tayang.

Dari iklan ini pihak YouTube mendapatkan 45% dan sisanya menjadi pemilik video.

10. Tutor Online

Belajar bisa dilakukan dengan banyak cara dan bisa melalui media apa saja, apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini yang menuntut agar bisa belajar secara cepat dan praktis.

Hal ini menjadi peluang bagi Anda yang memiliki kemampuan tertentu dengan cara membuat konten baik video maupun audio dengan cara seminar online atau tutorial.

Ya… modalnya adalah ilmu, jika Anda sudah memiliki kemampuan tertentu tidak ada salahnya untuk memberikan tutorial baik melalui media YouTube, e-book, maupun media sosial lain yang bisa mendukung usaha Anda.

11. Agen Properti

Menjadi agen Properti adalah salah satu cara yang bisa Anda coba dirumah…kog bisa??

Agen Properti

Umumnya agen Properti kerjanya adalah keliling untuk mencari atau menjual properti. Hal ini biasanya dilakukan diawal Anda menjadi agen Properti.

Jika sudah mulai dikenal dan dipercaya maka hal itu tidak diperlukan lagi. Para pemilik properti yang akan mencari Anda untuk bisa memasarkan properti nya.

Jika sudah punya reputasi Anda bisa merekrut orang untuk survey lapangan. Anda hanya perlu untuk memaksimalkan iklan online dan melakukan transaksi.

Jika Anda sudah tahu trik dan kondisi lapangan maka peluang untuk sukses di bidang properti akan terbuka lebar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dirumah yang tentunya bisa menghasilkan uang tambahan untuk Anda. Fokus, optimis, dan jangan pernah menyerah tentunya disertai dengan doa ya gaess….

Baca juga : Tips Sukses Memulai Bisnis Untuk Pemula

Informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *