6 Langkah Tepat Membuat Blog Bagi Pemula

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Itu adalah pertanyaan yang sering kali ditanyakan kepada webmaster. Bagi para blogger pemula yang pertama dicari adalah bagaimana langkah-langkah untuk membuat blog.

jika anda sedang mencari informasi tersebut maka tutorial ini akan menjelaskan lebih rinci mengenai cara membuat sebuah blog.

Biasanya orang tertarik membuat blog karena bukan tipe karyawan kantoran yang setiap hari berkutik didepan meja kantor. Sebagian besar motivasi mereka adalah ingin mendapatkan penghasilan (income).

Sebelum membuat blog pribadi ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu apa itu blog dan istilah-istilah  yang sering digunakan.

  • Blog adalah jurnal atau diary di internet.
  • Blogger yaitu pembuat blog yang membagikan berbagai kisah cerita dan berita melalui blog.
  • Anda adalah calon blogger.
  • Blogging berarti kegiatan membuat blog.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Berikut langkah-langkah untuk membuat blog yang sukses.

  1. Memilih niche blog
  2. Memilih platform blogging
  3. Memilih web hosting
  4. mendaftarkan nama domain
  5. Mengaktifkan platform blogging.
  6. Mempublish konten dan mengembangkan blog.

Keenam cara diatas akan kita bahas satu persatu. Saat ini memiliki blog pribadi merupakan keharusan. Bisnis online sederhana, toko online sederhana, bisnis online, atau personal blog, semua bisa dituangkan dalam bentuk blog atau website.

Baca Juga : Tips Menjadi Gamer Profesional

Perencanaan dalam membuat blog itu luar biasa penting agar Anda tidak membuang watu tenaga dan fikiran, sebab banyak sekali blogger pemula yang gagal di tahap awal antara 1-3 bulan pertama.

Biasanya mereka membuat blognya asal-asalan, topik campur aduk, konten kurang berkualitas, promosinya juga tidak jelas akibatnya blog jadi sepi sehingga akhirnya jadi bosan.

1. Memilih Niche Blog yang Tepat

Niche blog adalah membahas satu topik tertentu saja dan tidak membahas beragam topik. Misalnya jika blog Anda hanya membahas tentang blog maka niche blog Anda adalah seputar blog saja.

Apa kelebihan niche blog? menarik sekali untuk melihat apa kelebihan niche blog bila dibandingkan dengan blog campur campur alias blog yang topiknya gado-gado. Berikut kelebihan dari niche blog.

  • Membahas satu topik khusus, sehingga akan makin sempit bahasan yang akan kita bahas di blog. Jadi kita tidak perlu bingung mencari bahasan di blog yang akan kita posting.
  • Lebih mudah menjadi blog otoritas, jika kita konsisten dan bekerja keras bukan tidak mungkin niche blog kita akan menjadi rujukan dan otoritas.
  • Lebih mudah optimasi, sebab kata kunci yang cari hanya fokus pada niche kita. misalnya blog kita membahas seputar blog maka kata kunci yang kita bidik hanya seputar blog saja.

Selain kelebihan diatas niche blog juga punya beberapa kekurangan, yakni dari segi trafik. Tentu saja trafik sebuah blog gado-gado yang dioptimasi maksimal akan lebih banyak dibandingkan niche blog, sebab blog gado-gado pasti lebih banyak posting artikel.

Saran saya tulislah topik yang Anda sukai. Sebab melakukan sesuatu sesuai hobi biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik. Pasti pengunjung blog Anda akan setia dan merasa puas. Jadi cobalah terus menerus dan jangan takut gagal!.

2. Memilih Platform Blogging

Berikutnya, pilih platform dimana anda akan menulis dan menerbitkan konten, sebab sebagian besar isi dari blog adalah konten, gunakanlah sistem manajemen konten (CMS). Blogging platform ini ada bermacam-macam, sebagai contoh hosted atau self-hosted.

  • Hosted platform biasanya gratis atau lebih murah karena pada dasarnya anda hanya menumpang pada website mereka, contohnya adalah blogspot.
  • Sedangkan self-hosted memungkinkan anda memiliki website sendiri, namun harus membayar nama domain dan hosting-nya, misalnya wordpress.

3. Memilih Web Hosting

Anda memerlukan hosting untuk bisa menggunakan blog. Mungkin istilah hosting kurang familiar bagi Anda.

Maksud dari Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file website, mulai dari konten, gambar, video,audio, teks, tema sampai pengaturan. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam memilih web hosting

  • Seberapa banyak trafik yang Anda harapkan?
  • Seberapa cepat proses set up nya?
  • Apakah disediakan bantuan?
  • Fitur apa saja yang bisa membuat tampilan blog Anda canggih dan profesional?
  • Berapa biayanya?
  • Garansi uang kembali

Ada berbagai macam hosting yang bisa Anda gunakan, dari shared hosting, cloud hosting, hingga VPS Hosting. Hosting yang manakah yang tepat untuk Anda?

Shared hosting adalah yang paling pas untuk blog yang masih pada tahap awal, sebab shared hosting adalah jenis hosting yang paling murah dan paling mudah pengelolaanya. Untuk membeli hosting juga mudah, Anda hanya perlu mencari website penyedia layanan hosting dan pilih yang sesuai dengan selera Anda.

4. Mendaftarkan Nama Domain

Nama domain akan selalu melekat pada blog Anda. Jika ingin mendaftarkan nama domain tentu Anda harus mencari provider atau penyedia layanan pendaftaran domain. Ada 2 pilihan yaitu provider dalam negeri atau luar negeri.

Provider luar negeri umumnya menggunakan paypal dan kartu kredit sebagai layanan. Sedangkan provider dalam negeri bisa menggunakan transfer bank untuk proses pembayaran. Untuk kisaran harga domain dan fitur-fitur agak mirip. Berikut beberapa hal yang musti Anda perhatikan:

  • Hindari pemakaian nama yang mirip dengan website populer.
  • Jangan gunakan merek milik orang lain
  • Mudah ditulis, diingat dan diucapkan
  • sesuaikan dengan niche blog
  • Hindari penggunaan strip, tanda koma, dan angka sebab orang akan menganggap kalo itu adalah blog spam.
  • Sebisa mungkin gunakan .com sebab paling mudah diingat orang.

5. Mengaktifkan Platform Blogging

Jika sudah membeli dan mengaktifkan web hosting dan nama domain, langkah berikutnya adalah mendesain dan mengelola situs Anda. Anda bisa memulai instalasi perangkat lunak untuk blog Anda mulai dari :

  • Pemilihan jenis paket blog yang sesuai
  • memasukkan nama domain
  • informasi yang dibutuhkan sehingga Anda tinggal login ke dalam blog Anda.

Lebih lengkapnya Anda bisa mencari langkah-langkah instalasi sesuai dengan platform yang Anda pilih di Internet, sebab ada banyak sekali platform yang bisa Anda pilih dan akan sangat panjang jika dijelaskan semua disini.

6. Mempublish Konten dan Mengembangkan Blog

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat blog tentunya dengan pilihan platform yang Anda sukai. Buatlah artikel berkualitas sebanyak banyaknya, semakin cepat Anda menulis dan mempublish sebuah artikel akan semakin baik sebab artikel membutuhkan beberapa minggu sebelum akhirnya dilihat dan ditampilkan di mesin pencari.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca artikel lain di blog ini yaitu trik agar bisa diterima oleh google adsense di link dibawah ini.

Baca Juga : Trik Agar Blog Mudah Diterima Google Adsense

Informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *