Resep Cara Membuat Cireng Yang Renyah di Luar Empuk di Dalam

Sudah tahu dengan masakan yang satu ini, kan? Yups, Cireng alias aci yang digoreng. Cireng berasal dari Bahasa Sunda untuk menyebut tepung kanji yang goreng.

Cireng merupakan makanan ringan yang berasal dari Bandung dan dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan dari bahan tepung tapioka atau kanji.

Wikipedia

Meski memiliki tekstur biasa dan bentuk yang sangat sederhana, tapi Cireng memiliki rasa yang bisa menjadikan kita ketagihan. Kini cemilan Cireng bisa kita jumpai di bukan hanya di Bandung, tapi juga sudah menyebar ke antero Nusantara.

Membuat Cireng Renyah

Camilan ini banyak ditemui di sekolah-sekolah maupun kampus-kampus dan digemari oleh banyak kalangan, baik orang tua maupun anak jaman sekarang.

Saat ini Cireng sudah berkembang terutama dari segi rasanya. Bukan hanya rasa aci saja, tapi juga ada cireng rasa sapi, rasa ayam, rasa sosis, rasa keju, dan lain sebagainya. Cireng ini biasanya disajikan dengan cabai rawit hijau atau bisa ditambah sambal dengan berbagai rasa.

Baca Juga : Sop Ceker Praktis dan Sederhana

Sambal yang biasanya cocok adalah sambal rujak dan sambal kacang atau sambal lain yang bisa disesuaikan dengan selera. Olahan yang sering dijumpai di supermarket adalah Cireng Crispy Sambal Rujak. Sebungkus Cireng Crispy plus sambal biasanya dijual dengan harga berkisar Rp. 15.000,-.

Cara Membuat Cireng

Cara Membuat Cireng ini sebenarnya mudah saja. Hanya butuh beberapa langkah yang harus dilakukan. Cocok sekali untuk menemani kalian yang lagi WFH alias Work From Home akibat pandemi virus corona. Apa saja langkahnya? simak yuk gaess….

Bahan-Bahan Untuk Membua Cireng:

Untuk membuat dan menyajikan Cireng yang lezat, kita memerlukan beberapa bahan untuk diolah. Bahan bahan yang diperlukan sangatlah mudah ditemukan dan familiar berada di dapur kita.

  • 250 gram tepung kanji
  • 50 gram terigu
  • 2 batang seledri
  • Daun bawang secukupnya
  • Air Panas
  • Penyedap rasa ayam 1 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • 100 gram gula merah (sambal)
  • 3 siung bawang putih (sambal)
  • sedikit asam jawa (sambal)
  • 4 cabe rawit sesuai selera (sambal)
  • Sedikit garam (sambal)
  • 100ml air

Langkah 1 : Membuat Adonan Cireng

Campur tepung terigu dan tepung kanji yang sudah disiapkan ke dalam wadah sedang hingga tercampur sempurna. Tambahkan daun bawang dan seledri yang sudah diiris halus kemudian tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan merica, garam dan penyedap rasa ditambah air hangat kemudian aduk rata sampai benar-benar kalis.

Langkah 2 : Cetak Adonan Cireng

Jika adonan sudah kalis selanjutnya bentuk sesuai selera, bisa pipih atau bulat kecil. Jangan membuat terlalu besar karena akan lebih lama matangnya saat digoreng.

Langkah 3 : Menggoreng Adonan Cireng

Panaskan minyak goreng dalam wajan sampai panas, kemudian masukkan adonan yang sudah dibentuk. Pakailah minyak goreng yang agak banyak agar Cireng matang dengan sempurna.

Baca Juga : Resep Sambal Teri Pete Yang Super Lezat

Langkah 4 : Membuat Sambal untuk Dikolaburasikan dengan Cireng

Haluskan atau ulek cabai rawit dan bawang putih tadi kemudian iris gula merah dan tuangkan semua bahan dalam panci. Langkah berikutnya adalah memasak sambal sampai mendidih.

Langkah 5 : Sajikan Cireng dengan Sambalnya

Sajikan hasil gorengan Cireng yang sudah matang bersama saus sambal untuk disantap bersama keluarga saat berbuka puasa maupun saat santai di rumah.

Itulah langkah-langkah membuat Cireng yang enak dan renyah. Gampang kan gaess….Selamat mencobaaaaaa…..

Informasi lainya klik disini.

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *