Cara Menghasilkan Uang Banyak Dari Blog Anda

Anda tertarik dengan blogging dan ingin menghasilkan uang lewat blog?

Blog
Blogging

Banyak orang yang belum memahami bahwa blog juga bisa menghasilkan uang untuk Anda.

Atau mungkin sudah tahu caranya tapi bingung mau mulai dari mana?  Atau sudah mencoba tapi belum juga menghasilkan?

Jika benar seperti yang disebutkan diatas mungkin artikel ini tepat bagi Kalian sambil minum kopi di teras rumah.

Sebenarnya sudah banyak yang membahas tentang hal ini, tetapi saya disini berusaha menjelaskan lebih dalam tapi simpel agar lebih mudah dipahami oleh blogger pemula, termasuk saya…hehe

Jika kalian siap jadi blogger yang sukses yuk dilanjut……

Sudah banyak blogger yang sukses di Indonesia, dari penghasilan jutaan, puluhan juta, ratusan bahkan milyaran. Contoh paling dekat adalah kisah adik kandung saya yang memulai nge blog dari tahun 2013. lumayan lama ya…

Memang lumayan lama sebab menghasilkan uang dari blog bukan berarti langsung jadi kaya. Butuh proses panjang dan tentunya kerja keras waktu dan tenaga dan yang penting fokus serta konsisten agar bisa sukses di blog, ini yang sebenarnya baru saya rintis.

Baca Juga : Tips Agar Lolos Tes Wawancara Saat Melamar Pekerjaan

lanjut sebentar ya tentang kisah adik saya yang sukses di blog, pasti kalian penasaran bagaimana dia bisa sukses. Saat ini dia sudah bisa menghasilkan uang dari Google Adsense setiap bulanya diatas 100 an juta, itu baru dari Google Adsense belum yang lainya.

wow banget kan….

Coba bayangkan kalau jadi karyawan kira-kira bisa ga punya penghasilan sebesar itu? mungkin bisa kalau posisinya top manajer di perusahaan multi nasional. Tapi kemungkinanya sangat kecil. ya kan…

Adik saya juga yang menginspirasi saya untuk terjun di dunia blog. Walaupun mulai dari nol dan bingung mulai dari mana tapi karena ada inspirasi akhirnya semangat nulis artikel.

Tapi perlu Kalian tahu bahwa menjadi blogger tidaklah mudah, itu poinya…

Sebab hasilnya tidaklah instan, butuh kesabaran tingkat dewa, bisa dibilang begitu…

Blogger yang sukses adalah mereka yang benar-benar mencintai dunia blogging…motivasinya bukan karena uang, walaupun saya begitu awalnya…he

Harus konsisten karena uang tidak langsung datang di hari pertama Anda membuat artikel. Setelah 6 bulan atau 1 tahun baru bisa mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan hidup.

Selama periode itu Anda harus konsisten menulis tanpa dibayar, jadi jika kalian sekarang sedang butuh penghasilan cepat jangan membuat blog karena percuma, baru jalan seminggu pasti akan bosan.

Setelah artikel mulai banyak hal yang harus dilakukan adalah mendapatkan traffic alias pengunjung yang banyak, tanpa traffic mustahil mendapatkan penghasilan.

Ketika traffic tinggi kita bisa mendaftarkan blog kita lewat Google Adsense atau iklan pribadi, bisa juga affiliasi marketing, menjual produk sendiri, menjual jasa ataupun layanan.

Jadi poin terpenting disini adalah bagaimana cara mengembangkan blog dan mendapatkan traffic yang tinggi. Jika Anda sibuk memikirkan uang maka kalian akan bingung antara mendapatkan uang atau mengembangkan blog.

Minimum traffic perhari adalah 500 pengunjung untuk blog berbahasa Indonesia karena rata-rata cuma $0.1 per 100 visitor per hari jika menggunakan Adsense. Jika blog berbahasa Inggris bisa 100 pengunjung perhari karena bayarnya lebih tinggi. Jika kalian ingin membuat blog berbahasa Inggris sebaiknya lancar berbahasa inggris ya gaes…kalo tidak lebih baik jangan.

Dalam menulis artikel biasanya yang sangat diperhatikan adalah teknik SEO, penting tapi juga ga begitu penting sebab ilmu SEO itu banyak sekali jika kalian mikirin SEO terus kalian akan pusing sendiri.

Jadi garis besarnya adalah prinsip kerja SEO, mengapa website bisa masuk page one di halaman google, istilah-istilhnya, kemudian bagaimana agar blog kita bisa peringkat satu.

Tapi harus diingat juga bahwa penentu kesuksesan adalah kualitas konten kalian, SEO adalah sebagai penunjangnya.

Berikut ini beberapa langkah dasar yang bisa Anda lakukan agar blog Anda menghasilkan uang :

1. Memilih Topik Yang Tepat

Tahap ini bisa dikatakan tahap paling penting, sebab jika salah memilih topik maka blog Anda tidak akan sukses. Memilih Topik sebaiknya berdasarkan keahlian atau minat Anda dan juga sesuatu yang diminati oleh banyak orang.

Sebab artikel yang Anda buat harus yang menarik atau bermanfaat bagi orang lain, kalau ga menarik orang ga akan baca, ngapain coba…ya kan?

2. Membuat Blog 

Langkah ini khusus bagi Anda yang belum memiliki blog, jika sudah punya maka bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Temukan Komunitas Yang Sesuai Dengan Topik Anda

Langkah ini termasuk sangat penting tapi sering diabaikan oleh para blogger yaitu:

  • Carilah komunitas online yang tepat
  • Membangun reputasi dikomunitas itu
  • Perkenalkan blog Anda

Banyak yang malas atau mungkin malu melakukan langkah diatas dan banyak yang mengandalkan traffic lewat google. Anda bisa mencari komunitas di forum-forum google maupun facebook.

Sebelum traffic lewat google stabil sebaiknya Anda memanfaatkan media sosial dan komunitas agar traffic Anda cepat meningkat.

4. Menghasilkan Konten Yang Bermanfaat.

Tema blog yang paling sering dipakai adalah tentang tutorial tips ataupun panduan kemudian tentang informasi. Kedua tema tersebut adalah tema tentang solusi untuk memecahkan masalah.

Jadi jika Anda ingin sukses memancing banyak pengunjung maka konten yang disediakan harus bisa menyelesaikan permasalahan mereka

5. Promosikan Konten Terbaik Untuk mendapatkan Ledakan Pembaca

Ini juga sering terlewatkan bagi para blogger. Banyak yang mengeluh sepi pengunjung akibat tidak melakukan promosi terhadap kontenya.

Sebagus apapun konten kalau tidak di promosikan maka jangan harap bisa page one google dan populer.

6. Membangun kedekatan dengan Pembaca yang datang ke blog Anda

Ada 2 jenis website ketika Anda searching di Google yaitu :

  • Website yang biasa aja : Entah karena isinya kurang menarik, tampilanya biasa atau karena pemiliknya kurang responsif sehingga setelah membaca kita tidak pernah ingat lagi dengan web tersebut.
  • Website yang bagus : Berbeda dengan website lainya, lebih bagus, selesai membaca rasanya ingin membagikan artikelnya atau bookmark halamanya, follow akunya kemudian berlangganan dengan blognya.

Nah pasti sudah tahu kan website mana yang sukses. jika ingin seperti website yang kedua Anda harus aktif di komunitas yang tepat, mengajak pembaca untuk follow,like akun sosial Anda kemudian lakukan list building dan interaktif dengan pembaca.

Blogger pemula umumnya sibuk dengan utak atik tampilan blog, kecepatan, dan urusan SEO yang kurang penting. Hal terpenting sebenarnya adalah membuat artikel berkualitas dan promosi.

7. Mulai Menghasilkan Uang Dari Jumlah Pembaca Yang Ada.

Sepertinya prosesnya sederhana, tapi Anda akan mengetahui setelah melalui prosesnya. Setelah mengikuti langkah-langkah diatas bukan berarti uang akan mengalir secara otomatis. Diperlukan kerja keras dan eksperimen terus menerus untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

Baca Juga : SEO dan Penjelasanya

Berikut adalah beberapa sumber penghasilan dari blog.

  • Pendapatan Dari Iklan

Disini bukan hanya Google Adsense saja yang bisa Anda pakai, ada banyak jenis iklan lain yang bisa Anda pakai.

  1. Pay per post, dibayar untuk setiap artikel yang kita tulis
  2. Lowongan Kerja
  3. Sponsorship
  4. Text Link, iklan berupa link
  5. Adsense

Jika Anda tidak punya produk untuk dijual maka pilihan satu-satunya adalah dengan mendaftar Adsense.

  • Pendapatan dari Afiliasi

Ada juga yang tidak ingin memiliki produk sendiri, mungkin karena tidak mau repot baik proses pembuatanya, pembayaranya, maupun customer servisnya sehingga affiliasi marketer jadi solusinya.

Jadi ketika Anda memilih produk afiliasi untuk dijual lalu Anda promosikan produk tersebut. Ketika ada yang beli produk tersebut Anda akan mendapatkan komisi.

  • Membuat Produk

Anda bisa membuat produk sendiri yaitu berupa produk digital dan fisik. Dengan memiliki produk sendiri tentu keuntunganya akan menjadi milik Anda seutuhnya.

Contoh produk digital yaitu:

  1. Jual beli website
  2. Aplikasi, Template, Plugin
  3. Foto audio
  4. Webinar(web seminar)
  5. Membership Berbayar
  6. Kursus online
  7. Video Tutorial
  8. Ebook

Sedangkan contoh produk fisik adalah sebagai berikut :

  1. Buku
  2. DVD
  3. Merchandise
  4. Produk manufaktur
  5. Kursus

Blog merupakan tempat terbaik untuk menjual produk. Apalagi jika kalian sudah punya pembaca yang loyal, mereka akan setia untuk membeli produk dari Anda.

  • Jasa Atau Layanan

Anda bisa juga menjual jasa yang sesuai dengan blog Anda. Misalnya Anda punya blog tentang website maka Anda bisa menjual Jasa tentang pembuatan website.

Ada beberapa contoh penjualan jasa yang bisa Andakerjakan di blog Anda :

  1. Web developer
  2. App developer
  3. Desain grafis
  4. Tutorial
  5. Pembicara
  6. Penulis

Pemasukan lain dari blogger yaitu permintaan donasi atau sindikasi konten ke situs lain. Seorang blogger yang fulltime dapat menghasilkan uang dari beberapa saluran penghasilan.

Nah sekarang tinggal kalian mau fokus menjadi blogger atau tidak, yang jelas pekerjaan sebagai blogger adalah pekerjaan mulia karena kita memberikan informasi yang bermanfaat buat orang lain.

Meskipun kadang ada artikel yang kurang bermanfaat dan bahkan merugikan orang lain. Semua terserah Anda…

Saya hanya bisa mendoakan semoga kalian sukses dan bisa punya penghasilan puluhan, ratusan bahkan milliaran sebulanya…aamiin

Semoga bermanfaat ya

Informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *