Cara Mudah Membuat Perkedel Tahu

Perkedel, lauk yang satu ini sering kita jumpai di rumah makan padang, warteg atau pun restoran. Perkedel juga banyak kita jumpai sebagai pelengkap saat makan soto, nasi kuning, nasi uduk, dan menu makanan lainnya.

Pengenalan Perkedel Tahu

Pada umumnya perkedel yang sering kita jumpai terbuat dari bahan dasar kentang. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membuat resep perkedel dengan bahan dasar tahu, ya namanya perkedel tahu.

Bahan dan bumbu untuk membuat perkedel tahu sangat minimalis. Meski demikian, rasa dari perkedel tahu tidak kalah enak dengan perkedel kentang.

Perkedel Tahu

Cara membuatnya pun hampir sama seperti ketika kita memuat perkedel kentang. Perbedaan mendasar hanya pada bahan utama pembuatannya diganti dengan tahu.

Jenis tahu yang digunakan untuk membuat perkedel bisa memilih antara tahu putih atau pun tahu kuning. Hal ini berkaitan dengan selera dan ketersediaan bahan utamanya ya.

Makanan perkedel tahu bisa menjadi menu pelengkap dan juga cemilan yang dapat disajikan. Akan lebih nikmat lagi jika disuguhkan bersama minuman unik yang menyegarkan, seperti Tahi Tea.

Baca juga : Membuat Minuman Thai Tea Mudah dan Simpel

Perkedel tahu ini sangat cocok dihidangkan selagi masih hangat, rasanya gurih dan lembut ketika kita gigit bagian dalamnya. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan menu pelengkap teman nasi putih bareng sama aneka sayur seperti sayur sop, sayur bayam, soto atau pun menu yang lainnya.

Cara Membuat Perkedel Tahu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa teknik pembuatan perkedel tahu tidak jauh beda dengan perkedel kentang. Bahan dasarnya saja yang membedakan, namun perkedel tahu juga sangat enak dicemil atau langsung dimakan begitu saja.

Bahan Pembuatan Perkedel Tahu

Makanan perkedel tahu ini bisa kita buat dengan bahan – bahan yang familiar atau sudah sering kita temui dan mudah didapatkan, diantaranya:

  • 300 gr tahu putih (haluskan );
  • 1 sdm tepung terigu;
  • 1 butir telur (kocok lepas);
  • 1 butir telur (kocok untuk bahan celupan);
  • 100 gr daging ayam giling;
  • 1 batang daun bawang, iris halus;
  • 500 gr minyak untuk menggoreng Bumbu – bumbu yang dihaluskan;
  • 3 butir bawang merah;
  • 2 siung bawang putih;
  • 1/2 sdt garam;
  • 1/2 sdt lada bubuk.

Cara membuat perkedel tahu

JIka Anda sebelumnya pernah membuat perkedel menggunakan kentang, maka akan mempermudah tahap pembuatan perkedel. Setelah mempersiapkan bahannya, sekarang ikuti langkah-langkah pembuatannya, yaitu:

  1. Siapkan wadah, campurkan tahu putih yang sudah di haluskan dengan tepung terigu, daging ayam giling, telur yang sudah dikocok serta tambahkan irisan daun bawang.
  2. Kemudian tambahkan bumbu – bumbu yang sudah dihaluskan tadi (bawang merah, bawang putih, garam dan lada), aduk hingga rata.
  3. Ambil 1 sendok makan lalu bentuk adonan tahu menjadi bulatan – bulatan dan  agak dipipihkan.
  4. Celupkan bulatan – bulatan tahu satu persatu ke dalam kocokan telur sampai  semuanya  terbalut rata.
  5. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan Atur perkedel tahu di atas piring dan sajikan selagi masih hangat. Kenapa saya menambahkan tepung terigu pada adonan? Karena dengan tambahan tepung terigu perkedel tahu tidak akan mudah hancur ketika digoreng, rasanya sangat gurih dan renyah diluar namun tetap empuk dibagian dalamnya.
  7. Perkedel tahu ini akan terasa nikmat jika dimakan dengan tambahan saus sambal, saus tomat atau pun sambal kecap.

Perkedel Tahu ini juga cocok disajikan dengan makanan khas daerah, seperti Mie Kepyok agar lebih terasa sensasinya.

Baca juga : Resep mudah membuat mie kopyok Semarang

Nah, sangat mudah kan membuat makanan perkedel tahu dengan resep ini? semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah ya.

Informasi lainnya klik disini.

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *