Pengertian SEO Dan Penjelasanya

Salah satu strategi yang tepat untuk meningkatkan bisnis Anda adalah dengan mengembangkan websit melalui teknik SEO. Metode ini merupakan upaya agae bisnis kita dapat ditemukan oleh mesin pencari bahkan diletakkan pada halaman pertama. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan SEO? Pertanyaan itulah yang sering diajukan oleh para Blogger pemula saat mulai membangun website.

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimation yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai upaya pengoptimalan mesin telusur. SEO dalam strategi pemasaran online merupakan salah satu metode atau teknik yang yang dilakukan dengan tujuan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian pad kata kunci yang tertentu.

Jika kita mencari informasi tertentu melalui mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan yang lainya, maka akan didapatkan beberapa daftar website yang relevan dengan pencarian. Nah, itulah tujuan atau target dari teknik SEO, yaitu menempatkan website di halaman pertama pencarian.

Baca juga : Cara Gampang Membuat Blog Bagi Pemula

Dalam mengaplikasikan SEO ada beberapa komponen utama dalam yang akan menentukan seberapa kualitas suatu website. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pelajari untuk menguasai SEO:

1. Mengoptimasi halaman website

Konten adalah komponen utama dalam halaman website. Jika ingin mendapatkan optimasi on page one maka konten Anda harus berkualitas. ciri-ciri konten yang berkualitas adalah :

  • Memberikan manfaat bagi pengunjung
  • Lebih menonjol dibandingkan konten lain
  • Dilihat dalam waktu yang lama oleh pengunjung.
  • Membangkitkan perasaan puas.
  • Menyelesaikan permasalahan pengunjung
Itulah kriteria jika Anda ingin mendapatkan peringkat 1 dalam waktu yang lama di mesin pencari.
 

2. Riset kata kunci (keyword research)

Kapan terakhir kali Anda menggunakan Google dan mencari informasi didalamnya dengan mengetik kata kunci? misalnya Anda sedang mencari informasi mengenai mobil ford fiesta terbaru maka Google akan menampilkan hasil yang berkaitan dengan yang Anda cari.

Jadi semakin relevan kata kuncinya maka akan semakin tinggi peringkatnya di mesin pencari. Jadi keyword ini akan mengoptimasi setiap halaman di website Anda.

3. Menganalisa Kompetisi

Semakin banyak jumlah bisnis yang ingin tampil dihalaman pertama maka tingkat kompetisi akan semakin tinggi sehingga strategi SEO yang dibutuhkan akan semakin kompleks, membutuhkan keahlian dan biaya yang tinggi.

4. Membuat konten yang teroptimasi

Optimasi konten bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website Anda relevan dengan yang di cari oleh pengunjung dan benar-benar berkualitas. Oleh sebab itu konten yang relevan dan berkualitas adalah kunci agar website Anda berada pada peringkat pertama.

5. Membangun popularitas, link dan reputasi

Manfaatkan media sosial agar website kita semakin terkenal. Meski bukan penentu peringkat di Google, namun Social sharing punya dampak tidak langsung terhadap peringkat website. Beberapa manfaat social sharing, diantaranya:

  1. Pengunjung semakin banyak;
  2. Website Anda semakin terkenal;
  3. Kepuasan pengunjung bertambah tinggi;
  4. Beberapa pengunjung akan memberikan backlink.

Melalui aktivitas social sharing, teknik SEO dapat didukung dan secara otomati akan membangun website Anda lebih cepat dan lebih banyak dikunjungi.

Pasanglah internal link, agar para pengunjung bisa dengan mudah berkunjung ke halaman yang lain dalam website Anda. Kemudian, berikan tampilan website yang sederhana namun elegan agar tidak tetap menarik dan ringan saat diakses.

6. Review performa SEO

Langkah selanjutnya yaitu lakukan review secara berkala terhadap performa SEO Anda. Bila ada yang kurang optimal segera lakukan update agar website Anda selalu berada di page one mesin pencari.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Banyak Dari Blog Anda

Demikian pembahasan tentang SEO, semoga bermanfaat ya….

Informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *