Alun-Alun Pati, Pesona Destinasi Wisata Baru Di Jawa Tengah

Alun-alun Pati merupakan sebuah tempat wisata taman yang berlokasi di pusat Kota atau Kabupaten Pati bagian Selatan tepatnya Jl. Tombronegoro.

Lokasi Alun-Alun Pati

Terletak di tengah kota Pati sebagai salah satu wilayah di Propinsi Jawa Tengah. Lokasi tepatnya bisa via google maps dengan mengetik Alun-Alun Pati, maka akan langsung menemukan titik lokasinya.

Renovasi Alun-Alun Kota Pati

Sebelum direnovasi alun-alun ini selalu penuh dengan para pedagang mulai dari kuliner khas Pati maupun barang dagangan lain seperti baju, accessoris, mainan dan lainya.

Direhab oleh Pemerintah kota selama hampir 6 bulan lebihdan dikelilingi galvalum hingga pengunjung tidak bisa masuk serta melihat ke dalam.

Alun Alun Pati

Dua hari sebelum diresmikan pusat kota mina tani tersebut sudah mulai dibuka oleh pekerja proyek dengan membuka pagar galvalum yang menutupi alun-alun. Setelah proyek selesai Alun-alun yang baru pun diresmikan yaitu pada tanggal 30 November 2019.

Baca Juga : WISATA KOTA DI JOGJA

Pembukaan ini tentu membuat warga yang melintas sangat antusias dan banyak yang mampir untuk berswafoto. Banyak dari warga yang mengaku penasaran dengan alun-alun yang baru karena sebelumnya sudah viral di media sosial. Selain diserbu warga, alun-alun juga digunakan untuk latihan tari kolosal siswa yang akan pentas pada hari peresmian.

Peresmian dilaksanakan oleh Bupati Pati Bapak Haryanto yang ditandai dengan pemecahan rekor MURI yaitu minum kopi organik 15 ribu cup. Saat peresmian, bahkan hingga kini, petugas satpol PP terus berpatroli menjaga keamanan dan menghimbau masyarakat untuk tertib parkir serta tidak menginjak tanaman.

Icon Baru Alun-Alun Kota Pati

Setelah direnovasi kawasan Alun-alun sudah tidak diperkenankan untuk tempat jualan lagi. Para pedagang dipindah ke tempat yang baru yaitu di belakang Gedung Olahraga Pati.

Saat ini Alun-alun Pati sudah steril dari para pedagang kaki lima, karena hanya pedagang tertentu yang diijinkan untuk berjualan. Bagi yang membawa anak-anak, tidak perlu khawatir sebab ada banyak mainan dan jajanan yang tetap diperbolehkan di sini.

Alun-Alun Pati

Kawasan ini terlihat sudah lebih bersih dan indah dari sebelumnya. Tampilan dan wajah baru Alun-alun Kota membuat tempat ini menjadi icon baru kota Pati yang wajib dikunjungi.

Masyarakatnya juga sangat ramah sehingga tidak perlu khawatir saat mengunjunginya. Jadi, jika kalian singgah di kota ini, tak lengkap bila belum mampir ke alun-alun Pati.

Fasilitas Alun-Alun Pati

Alun-alun kota Pati adalah wisata taman ditengah kota yang mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah:

  1. Area Parkir yang luas
  2. Masjid Baitunnur Pati
  3. Kamar mandi / MCK
  4. Hotel/ Penginapan
  5. Free Wifi

Transportasi dan Akses Menuju Alun-Alun Pati

Bagi orang Jawa Tengah sendiri tentu sudah biasa dengan lokasi alun-alun ini, tapi gimana sama wisatawan dari luar kota, pulau bahkan wisatawan luar negeri?

Ga perlu khawatir sob, soalnya banyak pilihan transportasi yang bisa kalian pilih, contohnya memakai kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Kalian juga bisa akses google maps untuk mencari lokasinya.

Jika menggunakan kendaraan umum seperti bus atau angkutan lainya juga gak masalah. Anda bisa berhenti di terminal Pati kemudian bisa lanjut dengan memesan ojek online via Grab maupun Gojek yang sudah tersedia di kota Pati.

Tips dan Saran

Sebelum menuju ke destinasi wisata Alun-alun kota Pati, Anda perlu mempersiapkan barang-barang keperluan selama berada di Pati. Di saat pandemi, Anda perlu membawa pakaian ganti maupun perlengkapan kesehatan seperti sabun, shampo, antiseptik, tissu basah maupun vitamin.

Anda juga mungkin akan memerlukan kamera untuk mengabadikan momen-momen menakjubkan selama perjalanan nanti. Siapkan fisik dan kendaraan Anda agar liburan nantinya berjalan dengan lancar, kemudian jangan lupa berdoa dan berhati-hati selama perjalanan.

Baca Juga : TEMPAT WISATA DI SEMARANG YANG DEKAT DENGAN KOTA

Demikianlah ulasan tentang wisata Alun-alun kota Pati  yang dapat saya sampaikan semoga menambah inspirasi untuk berkunjung ke kota Pati, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua ya…terima kasih.

Informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *