Resep Mudah Membuat Mie Kopyok Semarang

Mie Kopyok adalah salah satu makanan khas dari kota Semarang, rasanya belum lengkap apabila berkunjung ke semarang tanpa makan makanan yang satu ini.

Resep Mie Kopyok

Jenis makanan ini cukup lezat dan banyak digemari karena rasanya yang sangat khas membuat banyak orang tertarik dan selalu ingin menyantapnya.

Karakteristik Mie Kopyok Semarang

Di beberapa kota lain mungkin ada jenis makanan yang mirip dengan mie kopyok. Namun, tentu tetap memiliki perbedaan pada resep dan rasa antara mie dari daerah lain dengan mie ala semarangan.

Di kota asalnya sendiri (Semarang), ada yang menyebut mie kopyok dengan istilah mie kere. Hal ini disebabkan karena bahan dan cara pembuatan mie kopyok sangat sederhana, tanpa ada tambahan daging ataupun kaldu dikuahnya.

Jadi, memang bahan pembuatan kuahnya sangat sederhana, yaitu hanya terdiri dari air, garam, penyedap rasa, dan kecap saja.

Ciri khas lain dari mie kopyok adalah penggunaan kerupuk gendar sebagai bahan pelengkap makanannya untuk menambah cita rasa yang unik. Kerupuk gendar sendiri merupakan kerupuk yang menjadikan nasi sebagai bahan utama pembuatannya.

Selain dibubuhi kerupuk gendar, mie kopyok juga memiliki rasa yang unik dengan aroma bawang putih yang cukup terasa.

Jika anda singgah di kota Semarang, ada beberapa tempat favorit yang menjual mie kopyok. Salah satu warung yang sangat terkenal dan legendaris adalah warung Mie Kopyok Pak Dhuwur yang terletak di jalan Tanjung dekat dengan Stasiun Poncol. Tempatnya sangat recommended untuk menghilangkan rasa penasaran anda mencoba kelezatan mie kopyok khas Semarang.

Membuat Mie Kopyok

Bagi anda yang belum pernah mencicipi menu mie kopyok karena berada jauh dari kota semarang, jangan khawatir. Kita tidak perlu jauh-jauh datang ke kota Semarang hanya untuk menikmati mie kopyok. Kami akan membantu dengan membagikan Resep Mudah Membuat Mie Kopyok Semarang yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai bahan dan cara membuat Mie Kopyok, Anda juga bisa membuat menu tambahan sebagai pasangan mie ini:

Baca juga :  Cara Membuat Nugget yang Cethar Membahana

Bahan Pembuatan Mie Kopyok

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Mie Kopyok Semarang diantaranya adalah:

  • 1 Bungkus mie Taoge sesuai selera
  • 1 buah lontong Tahu Pong (goreng dahulu)
  • 1 batang daun seledri Air (untuk merebus mie)
  • Krupuk gendar (sebagai pelengkap)
  • Bawang goreng Kecap manis Bumbu yang di haluskan
  • 1 Siung bawang putih
  • Sediki garam
  • Sedikit lada
  • 250 ml air kaldu ayam

Cara Membuat Mie Kopyok

Setelah menyiapkan bahan dan alat-alatnya, kita lanjut pada bagian cara membuatnya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Rebus mie kemudian sisihkan;
  2. Rebus air kaldu ayam sampai mendidih kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan Rendam sebentar mie beserta taoge ke dalam air rebusan kaldu;
  3. Siapkan piring, potong lontong kecil – kecil lalu tata lontong, mie, taoge dan tahu;
  4. Siram kuah di atasnya, tambahkan kerupuk dan taburi irisan daun seledri, bawang goreng dan sedikit kecap manis di atasnya;
  5. Mie kopyok siap di dinikmati

Sebagai pelengkap, Anda bisa juga menyajikan mie kopyok dengan minuman unik seperti Thai Tea.

Baca juga : Membuat Minuman Thai Tea Mudah dan Simpel

Nah, sekarang anda sudah bisa membuat sendiri di rumah Mie kopyok Semarang. Anda bisa menyajikannya sebagai menu makan bersama keluarga. Bahkan jika memiliki kemampuan dan kemauan, bisa digunakan untuk usaha. Selamat mencoba…

Informasi lainya klik disini.

 

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *