Tempat Wisata Semarang Kota

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia dan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Selain menjadi menjadi pusat pemerintahan di Jawa Tengah, Semarang juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berbagai potensi wisata ditawarkan hingga membuat turis domestik maupun asing tertarik untuk mengunjungi obyek wisata di kota Semarang. Keragaman tempat wisata hits disajikan baik di lingkungan dalam maupun pinggiran kota Semarang memberikan banyak pilihan dan kenyamanan.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk berkeliling Semarang, maka wisata dalam kota Semarang bisa menjadi alternatif. Berikut ini beberapa destinasi wisata Semarang yang tidak jauh dari pusat kota.

1. Wisata Lawang Sewu Sebagai Ikon Semarang

Bila anda sedang singgah ke kota Semarang, jangan lewatkan tempat wisata Lawang Sewu yang istimewa ini.

Lawang Sewu

Tempat ini wajib kalian sambangi karena menjadi ikon kota Semarang, sangat bersejarah. Bukan hanya nilai historinya saja, namun bangunannya juga terlihat sangat cantik, megah, memiliki banyak pintu dan jendela yang besar serta tinggi.

Meskipun sebenarnya jumlah pintunya tidak sampai seribu (berkisar 600 daun pintu), namun karena jumlahnya banyak, maka bangunan bersejarah ini dinamakan Lawang Sewu.

Lawang Sewu berlokasi di tengah kawasan kota Semarang, tepatnya di dekat Tugu Muda. Jadi, letaknya sangat terjangkau dan memiliki akses transportasi yang mudah.

Dulunya, lawang sewu ini adalah kantor NIS (Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij) pada saat Belanda masih menjajah Indonesia. Kemudian gedung ini beralih menjadi kantor PJKA atau KAI (Kereta Api indonesia).

Baca Juga : Tips Menjadi Gamer Profesional

Saat ini Lawang Sewu telah dibuka untuk umum, jadi terbuka bagi siapa saja yang ingin berwisata dan mengunjunginya. Namun, bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, disarankan pada waktu malam hari. Karena akan lebih seru saat melihat pijaran lampu yang menyala serta cerita – cerita angker ditempat ini akan menambah suasana semakin mencekam.

2. Wisata Sam Poo Kong Semarang

Klenteng atau Kuil Sam poo Kong merupakan Klenteng Tionghoa yang dulunya menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho atau Zheng He, penganut agama Islam dari tiongkok.

Sampokong

Klenteng Sam Poo Kong yang terletak di daerah Simongan, Kota Semarang, merupakan tempat wisata yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan, kabarnya pemerintah Tiongkok menetapkan klenteng Sam Poo Kong sebagai tujuan wisata bagi warganya.

Komplek Klenteng Sam Poo Kong selalu bersih sehingga membuat nyaman untuk mengelilinginya. Keindahan dan eksotisnya menjadikan tempat ini sangat cocok untuk kegiatan fotografi.

Waktu berkunjung yang tepat adalah pada pagi atau sore hari untuk menghindari panas yang menyengat.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Di kota Semarang terdapat masjid yang megah dengan perpaduan arsitektur Jawa Roma dan Arab yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini mampu menampung sekitar 15.000 Jamaah dan halaman utama masjid yang menampung sekitar 10.000 Jamaah.

 Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid megah ini memiliki luas lahan mencapai 10 hektar dengan bangunan induk untuk sholat mencapai 7.669 meter persegi. Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah membuatnya menjadi simbol wisata religi bagi masyarakat semarang dan Jawa tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Di dalamnya terdapat Al-Qur’an raksasa karya H. Hayatuddin yang merupakan penulis kaligrafi dari Universitas Saints dan Ilmu Al-Qur’an Wonosobo Jawa Tengah.

Masjid ini memiliki banyak fasilitas, diantaranya perpustakaan, audiorium, penginapan, museum perkembangan Islam, ruang akad nikah, radio dan kafe dibagian menara asmaul husna.

Menara Asmaul Husna berada disebelah masjid dengan ketinggian 99 meter memiliki 19 lantai. Di bagian puncak menara terdapat teropong pandang yang bisa digunakan untuk menyaksikan panorama keindahan kota Semarang.

Di serambi depan masjid terdapat enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis. Payung ini merupakan adaptasi arsitektur bangunan dari masjid Nabawi  di kota Madinah.

4. Gereja Blenduk Semarang

Jika berkunjung ke kawasan kota lama Semarang, sempatkan juga untuk menemukan Gereja Blenduk. Bangunan gereja tua yang berbentuk unik seperti masjid.

Gereja Blendug

Gereja Kristen dengan nama asli GPIB Immanuel Semarang ini dibangun pada tahun 1753. Arsitekturnya bergaya neogothik dengan sentuhan eropa pada proses konstruksinya.

Bagian paling unik dari gereja tersebut adalah bentuk kubahnya yang oleh warga sekitar disebut dengan Blenduk. Keunikan ini membuatnya dikukuhkan menjadi cagar budaya, dimana bentuk asli dari bangunan tersebut tidak boleh di rubah.

Banyak terdapat taman dan pepohonan yang rindang dan sejuk serta berbagai sajian wisata kuliner di sekitar Gereja Blenduk. Jadi, jika sudah puas keliling Gereja Blenduk, Anda bisa istirahat di Taman Srigunting yang terletak persis di sebelahnya.

Lokasinya dan tempatnya juga sangat cocok untuk memuaskan jiwa fotografi. Jadi, tidak akan kecewa jika mengunjunginya untuk berselfie.

5. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang merupakan tempat bersejarah bagi lahirnya Ibukota Jawa Tengah. Hingga kini lokasinya masih diisi berbagai macam bangunan bersejarah (dulunya disebut little nedherlands) yang dibangun sejak jaman Belanda.

Kota Lama

Di kawasan Kota Lama ini juga dipenuhi dengan wisata kuliner, wisata belanja, dan juga wisata edukasi. Sajian kuliner dilengkapi dengan hiburan live musik setiap harinya. Bagi kalian yang sedang berkunjung ke kota Semarang wajib singgah ke kota lama yang baru.

6. Kawasan Simpang Lima Semarang

Selain Lawang Sewu yang klasik, kota Semarang juga memiliki ikon lain untuk Anda kunjungi, yaitu Simpang Lima. Terdapat tulisan cukup besar dengan hiasan lampu sebagai identitas “Simpang Lima” dengan hiasan lampu yang sangat cocok untuk selfi.

Aksesnya sangat mudah karena berada di pusat kota semarang yang dikelilingi oleh Hotel, Mall, Masjid Raya, dan deretan tempat kuliner dengan lapangan pancasila berada ditengahnya.

Kawasan ini mulai ramai pada pukul 17.00 WIB dimana terdapat persewaan dan becak yang berhias lampu yang sudah berjajar dipinggir lapangan.

Kawasan simpang lima Semarang

Pengunjung bisa menyewa becak berhias lampu dengan bentuk – bentuk yang unik dan lucu seharga 35 ribu sekali putaran. sedangkan untuk sepeda hiasnya bisa disewa dengan harga 25 ribu selama tiga puluh menit.

Bila lelah bersepeda kalian bisa menyebrang ke pusat kuliner yang menawarkan berbagai macam menu masakan atau bisa ke mall untuk menikmati makanan.

7. Old Town 3D Trick Art Museum

Bagi kalian yang suka dengan kegiatan selfie dan fotografi kalian bisa mengunjungi Old City 3D Trick Art Museum yang ada di kota lama Semarang.

Museum dengan tema seni Tiga Dimensi (3D) yang menyuguhkan sensasi berbeda dari museum biasa. Di dalamnya dipamerkan aneka karya seni 3 Dimensi yang atraktif untuk berfoto.

Setiap 3 bulan sekali pihak pengelola selalu mengganti tema instalasi karya seninya sehingga pengunjung bisa datang berkali kali di Old City 3D Trick Art Museum tanpa bosan.

Setiap hari buka mulai pukul 9.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Harga tiketnya untuk umum dari hari Senin sampai kamis sebesar Rp. 50.000,- sedangkan untuk pelajar sebesar Rp. 25.000,- untuk hari jumat sampai Minggu sebesar Rp. 50.000,- untuk umum.

8. Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang merupakan wisata baru yang mampu menyedot perhatian dunia lewat media Internasional dengan berita pesona kecantikannya.

Jika di Malang ada kampung Jodipa, maka Semarang memiliki kampung pelangi yang terletak tidak jauh dari lawang sewu, tepatnya di dusun Wonosari.

Banyak wisatawan yang kagum melihat perubahan signifikan di tempat yang dulunya kumuh dengan aliran sungai sekitarnya. Namun sekarang berubah menjadi tempat wisata berupa Kampung Pelangi yang indah dan instagramable.

Ada sekitar 232 rumah yang telah dicat warna warni hingga berhasil menarik banyak wisatawan datang untuk memuaskan rasa penasaran sekaligus berfoto selfie.

9. Pasar Semawis Semarang

Tempat wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pasar Semawis yang berlokasi di Pecinan Semarang. Pasar ini menyajikan perpaduan unik antara suasana khas Pecinan kuno dengan keramaian pedagang jajanan kaki lima.

Pasar Semawis Semarang

Berada di sebuah gang bernama gang Warung, kita bisa menemukan puluhan penjaja makanan yang menyesaki jalanan lorong. Didepan bangunan-bangunan  tua yang megah berjejer tenda-tenda semi permanen sebagai kios penjaja makanan.

Berbagai macam menu masakan dihidangkan disana. Bagi Anda yang berkunjung di Semarang khusunya weekend dan lagi mencari menu buat makan cocok rasanya singgah ke Pasar Semawis.

Mulai dari street food kekinian seperti telur gulung, cumi bakar, gula kapas warna warni, sampai masakan khas Semarang semua tersedia.

Gimana gaes infonya? jika kalian hangout ke Semarang artikel ini bisa jadi panduan untuk perjalanan kalian nanti, semoga bermanfaat ya

Baca Juga : Wisata Paling Hits di Kabupaten Semarang

Informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *