Tips Bisnis Agar Bisa Survive Dan Berkembang Pesat

Bismillahirrohmanirrohim….

hallo gaes kali ini saya akan coba membahas tentang tips berbisnis atau membangun sebuah usaha agar bisa bertahan lama dan bisa dibilang sukses.

TIPS BISNIS
BISNIS

Pada masa pandemi seperti ini mungkin ada beberapa jenis bisnis yang kurang pas dijalankan karena banyak faktor penghambat, tapi mungkin ada beberapa jenis usaha yang cocok bahkan ketika pandemi virus corona ini masih berlangsung.

Bisnis yang berkembang saat ini boleh dibilang adalah bisnis kesehatan karena semua orang sedang membutuhkanya. Tentunya kita semua berdoa agar wabah virus ini segera berlalu sehingga perekonomian kembali normal.

Baca Juga : Tips Bisnis Saat Pensiun

lanjut lagi ya…

Berbisnis tidaklah semulus kulit bidadari, seringkali kita akan menemukan banyak sekali hambatan dan halangan yang menghadang hingga akhirnya membuat bisnis kita gagal.

Menurut penelitian dari Universitas Tennese menyatakan bahwa rata-rata sekitar 75% bisnis gagal ditahun pertama, kemudian 35% gagal ditahun kedua dan 44% gagal di tahun ketiga.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar bisnis tidak bertahan lama dan butuh kerja keras untuk bisa membuat bisnis bisa bertahan di tiga tahun pertamanya.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan bisnis banyak yang tidak bisa bertahan ditiga tahun pertama?

sebenarnya banyak hal mulai dari Tujuan yang tidak jelas, pengelolaan yang buruk, perencanaan marketing, masalah keuangan, penjualan, produksi, sumber daya manusia, lokasi usaha, pengalaman dalam berbisnis, nilai jual produk sampai dengan kondisi internal pemilik usaha.

Oleh sebab itu saya mencoba berbagi tips praktis siapa tau bisa membantu bisnis Anda.

lanjut ya…

Ada banyak tantangan yang akan dihadapi hampir semua bisnis saat ini.

Poin pertama adalah moral dan kejujuran, poin ini jadi fondasi penting agar bisnismu bisa bertahan lama, karena kepercayaan pelanggan maupun partner bisnis kita adalah yang utama.

Poin kedua adalah persaingan. Kalian harus siap bersaing dengan siapapun agar usaha bisa tetap exis.

Poin ketiga adalah kondisi ekonomi yang tidak stabil. Harga kebutuhan pokok yang sering naik turun pasti akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat dan tentu berdampak pula terhadap usaha Anda.

Ada 3 tips yang bisa menambah wawasan Anda dalam mengembangkan bisnis

Tips Pertama, Evaluasi Keuangan

Banyak pengusaha pemula bermasalah dengan keuanganya, mulai dari omset, cash flow dan permodalan

Jadi difase awal ini kita harus memperbaiki dulu neraca keuangan bisnisnya.

Rapikan uang yang masuk dan keluar, perjelas penggunaan uang yang masuk dan dikeluarkan untuk apa saja.

Diperlukan inovasi produk yang berkelanjutan dan unik agar konsumen tidak bosan dengan produk kalian.

Pahami kompetitor Anda dan beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi agar bisnis Anda semakin berkembang

Tips Kedua, Membangun Tim

Pada dasarnya semakin besar suatu bisnis akan semakin banyak membutuhkan orang untuk mengurusnya.

Pengusaha bukan single fighter, tapi dia membutuhkan partner atau team fighter untuk membantunya dalam membangun bisnis.

Jika saat ini Anda masih sendirian dalam membangun bisnis ga ada masalah karena semua ada tahapanya.

Namun ketika bisnis mulai berkembang tentu kita membutuhkan orang untuk mengelola semuanya. Rencanakan kapan saatnya merekrut tim pertama Anda.

Dalam memilih pegawai juga harus tepat.

Carilah orang yang sesuai dengan kriteria dalam pekerjaan yang dibutuhkan sebab kunci sukses selanjutnya berada ditangan mereka.

Orang yang memiliki komitmen, pengetahuan, inisiatif, bakat dan kejujuran merupakan aset berharga untuk perkembangan bisnis Anda kedepan.

Tips Ketiga, Konsisten

Ilmu berbisnis sebenarnya bertebaran dimana mana, 10 menit kita berselancar di internet saya yakin kalian akan menemukan pengetahuan yang diperlukan.

Walaupun ilmu sudah ada kenyataanya tidak semua orang mau mempraktekkan ilmu yang ada sehingga bisa disimpulkan bahwa sebenarnya bukan ilmu yang menjadi masalah utama.

Pengusaha yang pintar akan belajar dari pengalamanya, tapi pengusaha yang cerdas akan belajar dari pengalaman orang lain.

Jadi jika kalian sudah ada ilmunya tinggal mempraktekkan, tapi itu saja belum cukup, kalian harus melakukan satu hal, apa itu?

yaitu konsistensi, konsisten dalam hal apa?

Ya apapun yang dibutuhkan dalam bisnis Anda, misalnya konsisten dalam mempelajari strategi pemsaran yang jitu, sebab ujung tombak dari usaha Anda adalah pemasaran yang tepat.

Jika Anda berada dalam tahap awal maka konsisten dalam mencari pelanggan

Baca Juga : Biar Makin Gacor Yuk Daftarkan Usaha Kulinermu Lewat GoFood, Gratis!

Jika dalam tahap sistemasi maka konsisten dalam menchallence proses dalam bisnis Anda

Berapa lama kita konsisten?

Kurang lebih selama 3 bulan agar bisa merasakan perubahan, tentu perubahan yang positif.

Itulah 3 tips ringan yang bisa Anda kerjakan agar bisnis Anda bisa bertahan lama dan berkembang dengan pesat serta bisa membantu Anda dalam meraih kesuksesan hidup.

Salam suksess…..

informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *