Tips Mudah Membangun Bisnis Saat Pensiun

Pensiun merupakan periode yang ditunggu oleh banyak orang. Waktu ketika setiap orang suka tidak suka akan mengalami suatu saat nanti.

Saat pensiun kita akan memiliki lebih banyak waktu luang bersama keluarga dan bahkan bisa untuk berkeliling dunia.

Masa pensiun membuat orang mulai khawatir sebab tidak ada penghasilan lagi, mulai kehilangan identitas dan banyak yang mengalami kebingungan dalam mengisi waktu luang.

Baca Juga : Tips Bisnis Agar Bisa Survive dan Berkembang Pesat

Tapi untuk sebagian orang, mulai berbisnis adalah hal yang diimpikan oleh sebagian pensiunan. Sebab, pada masa pensiun orang lebih punya banyak waktu untuk melakukan hal atau hobi yang disukai untuk menambah pendapatan.

Bisnis Peniunsn

Jika Anda adalah seorang pegawai atau mungkin PNS tentu ketika pensiun Anda masih mendapatkan penghasilan setiap bulannya, tapi bagaimana jika bukan?

Solusinya yaitu dengan menabung yang banyak untuk keperluan dihari tua nanti atau menyiapkan usaha sejak masih muda untuk mencukupi kebutuhan saat pensiun nanti.

Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk memulai bisnis sebelum memasuki masa pensiun.

1. Melihat Peluang Bisnis

Saat terlintas sebuah bisnis tentunya sudah terfikir apa saja yang musti dipersiapkan.

Apakah bisnis tersebut bisa untuk jangka panjang atau tidak. Setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, yang terpenting adalah meminimalkan kekurangan yang ada.

Buatlah perencanaan yang matang agar usaha yang Anda kerjakan nantinya benar benar efektif efisien dan menguntungkan.

2. Tujuan Bisnis

Ketika Anda terjun di dunia bisnis, satu hal yang harus Anda sadari bahwa setiap bisnis pasti mengalami naik turun, kadang sukses besar kadang merugi. Usaha adalah sebuah proses jadi jika belum berhasil jangan berputus asa. Lihat lagi tujuan Anda membangun bisnis dan percaya bahwa badai pasti berlalu.

Persiapan Bisnis sejak awal Alangkah lebih baik jika sebelum memasuki masa pensiun Anda sudah mempersiapkan semua kebutuhan dalam mewujudkan bisnis Anda ketika pensiun.

Mulai dari tempat usahanya, jenis usaha, modal, supplier, pangsa pasar maupun siapa saja yang terlibat dalam bisnis Anda. Hal ini sangat penting karena ketika semua sudah dipersiapkan akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis Anda nantinya.

3. Membangun Relasi Bisnis

Jika bisnis kalian memerlukan relasi yang luas maka mulai membangun relasi tentu sangat penting. Sehingga saat bisnis Anda berjalan akan lebih cepat mendapatkan keuntungan yang Anda harapkan. Dengan banyaknya relasi tentu akan mempermudah promosi sehingga bisnis Anda lebih efisien.

Jika bisnis kalian adalah bisnis kuliner kalian bisa memanfaatkan teknologi aplikasi yang saat ini sedang hit seperti grab food maupun gofood.

4. Mencari Ciri Khas Bisnis

Bisnis akan lebih gampang jika bisnis tersebut hoby atau sesuatu yang kalian suka, sebab bisnis yang kita suka akan lebih cepat berkembang dan bertahan dalam waktu yang lama.

Jika sudah mendapatkan bisnis yang kalian sukai maka segera temukan ciri khas yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis yang serupa.

5. Promosi Yang Tepat.

Agar produk lebih cepat dikenal kita butuh promosi agar penjualan meningkat.

Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dan medsos lainya sebagai media promosi.

Baca Juga : Bisnis Online Rumahan Yang Gratis, Tanpa Modal!

Media sosial adalah cara promosi yang paling efisien, mudah dan tidak butuh banyak dana.

Anda juga bisa mendaftarkan toko Anda di marketplace seperti lazada, Tokopedia, shopee, jd id, Bukalapak atau aplikasi terkenal lainya.

Anda juga bisa memanfaatkan gojek maupun grab dalam memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

Tentu dengan promosi yang tepat akan mempercepat perkembangan bisnis Anda. Walaupun Anda sudah memasuki usia pensiun tentu tidak boleh kalah dengan anak muda dalam hal memanfaatkan teknologi.

Semoga tips yang saya bagikan ini bisa menginspirasi Anda dalam mempersiapkan bisnis di masa pensiun nanti ya gaess….

Salam sukses dan tetap semangat!!

Informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *