Tips Perencanaan Keuangan Untuk Millenial

Memiliki perencanaan keuangan merupakan langkah awal atau pondasi penting untuk masa depan. Termasuk bagi para kaum milenial Meskipun baru meniti karier dengan gaji yang terbatas bukanlah suatu alasan untuk tidak merencanakan keuangan.

Dengan perencanaan keuangan yang baik seseorang bisa bersenang-senang saat muda dan tetap sejahtera di kala tua. Selagi masih muda dan jalan masih panjang, yuk kita mulai perencanaan keuangan yang sehat dari sekarang!

Hindari dalam Perencanaan Keuangan

Salah satu cara untuk memulai perencanaan keuangan yang baik adalah dengan menghindari kebiasaan buruk sebagai berikut:

1. Suka hura-hura

Banyak anak muda millenial yang mudah terpengaruh lingkungan sekitar untuk urusan gaya hidup. Biasanya mereka lebih mementingkan image dan mempertahankan gengsi yang pada dasarnya hanya kesenangan sesaat.

Contoh paling sering kita jumpai adalah trand mengikuti dan membeli handphone, tas, maupun sepatu keluaran terbaru. Padahal, kemampuan finansial mereka belum tentu mampu untuk selalu membeli barang-barang yang mahal. Akhirnya mereka pun memilih dengan cara hutang ataupun membayar secara krideit.

Meski berhasil mendapatkan barang impiannya, namun mereka masih memiliki beban yang harus ditanggung. Bukankah lebih baik dialokasikan untuk benda lain yang lebih dibutuhkan?

2. Kredit / Hutang

Kebiasaan kredit untuk membeli barang-barang konsumtif juga mengakibatkan beban yang makin menumpuk. Apalagi dengan maraknya penggunaan kartu kredit yang tinggal gesek saja. Mudahnya pembayaran, namun jika tidak diimbangi dengan kemampuan maka hanya akan menimbulkan rasa bingung pada saat tagihan datang berturut-turut.

3. Cepat Puas

Teknologi yang semakin berkembang pesat memberikan peluang bagi kaum milenial mendapatkan uang tambahan untuk penghasilan. Tapi sayangnya kebanyakan dari mereka banyak merasa puas hanya dengan penghasilan dari satu pekerjaan saja. Padahal kesempatan untuk memperoleh penghasilan yang lebih besar terbuka lebar.

4. Suka Nongkrong

Banyaknya tempat nongkrong, seperti kafe, yang menjamur menjadi godaan besar bagi kaum milenial. Suasana asik dan nyaman membuat betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu senggang bersama teman-teman. Akibatnya pengeluaran pun membengkak.

Baca Juga : Tips Agar Blog Banyak Pengunjung

Tips Merencanakan Keuangan

Agar keuangan Anda tetap sehat, berikut ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan.

1. Disiplin Menyisihkan Penghasilan

Jangan pernah berfikir kalau Anda masih muda kemudian boleh malas untuk menabung. Justru selagi muda, usahakan rajin menabung setidaknya dengan menyisihkan 10% penghasilan Anda untuk tabungan. Walaupun sedikit tapi kalau Anda rajin dan disiplin maka tabungan itu lama kelamaan akan semakin besar.

2. Hindari Utang

Jika Anda mulai mendapatkan penghasilan rutin tiap bulan maka keperluan hidupmu juga akan semakin bertambah, dan untuk memenuhinya biasanya menggunakan kartu kredit.

Kredit online

Kartu kredit merupakan sumber utang yang sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan. Jika sampai ketagihan menggunakanya tentu sangat berbahaya, oleh karena itu upayakan untuk menghidari utang. Jangan kebablasan dan jangan dibiasakan.

3. Siapkan Biaya Pernikahan

Biaya pernikahan

Mempersiapkan Biaya Pernikahan merupakan hal yang penting, sebab seiring berjalanya waktu keperluan untuk pesta pernikahan akan semakin tinggi. Oleh sebab itu persiapan sedini mungkin diperlukan agar pada saatnya tiba Anda sudah siap untuk melaksanakan pesta pernikahan.

4. Siapkan Biaya Pendidikan anak

Perencanaan selanjutnya adalah mempersiapkan kebutuhan biaya pendidikan anak. Sebab, nilai uang akan semakin menurun sedangkan biaya pendidikan cenderung meningkat tiap tahunya. Oleh karena itu, jika sejak dini Anda sudah mempersiapkan perencanaanya, akan lebih ringan terasa.

5. Siapkan Tabungan Pensiun

Perencanaan pensiun sama pentingnya dengan perencanaan pernikahan dan biaya pendidikan anak. Anda tidak mungkin untuk bekerja terus menerus seumur hidup.

Jika sudah memasuki masa pensiun biasanya sumber pendapatan juga mulai menyusut dan cenderung tidak produktif lagi. Jika dari sekarang Anda sudah mempersiapkan masa pensiun, diharapkan agar Anda bisa menikmati masa tua dengan tenang.

6. Siapkan Asuransi (Kesehatan dan Jiwa)

Meskipun saat ini Anda sudah  memiliki asuransi dari perusahaan atau dari pemerintah yaitu BPJS, usahakan tetap memiliki asuransi mandiri. Memiliki beberapa alternatif jaminan kesehatan sama dengan menyiapkan beberapa payung jika suatu saat terjadi resiko terhadap Anda.

Baca Juga : Tips Agar Lolos Tes Wawancara Saat Melamar Kerja

7. Rencanakan, Review, dan Wujudkan Tujuan Keuangan Anda

Terakhir yang wajib Anda lakukan adalah selalu mempersiapkan rencana keuangan yang matang kemudian review kembali perencanaan tersebut apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum.

Dengan begitu Anda tentu bisa mempersiapkan keuangan dimasa depan dengan lebih baik lagi.

Informasi lainya klik disini

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *