Tips Terhindar Dari Virus Corona

Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang merebak di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia sudah memunculkan angka atau statistik yang cukup tinggi. Penyebaran virusnya yang tidak mudah diidentifikasi memicu tingginya angka orang terpapar.

Apa Itu COVID-19

Corona atau COVID-19 memiliki nama lengkap Pneumonia Coronavirus Disease 2019 yang merupakan penyakit peradangan dan yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

Gejala Klinis Covid 19

Akibat yang ditimbulkan bagi orang yang terpapar dan memiliki penyakit bawaan bisa berdampak hingga kematian. Gejala klinis yang muncul dan dialami oleh penderitanya beragam, mulai dari seperti flu biasa (seperti batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis).

Dari beberapa pemantauan, diperoleh informasi bahwa gejala-gejala Covid-19 adalah:

  1. Bagian tubuh merasa demam dan lelah;
  2. Mengalami penurunan fungsi pada organ ginjal;
  3. Pencernaan makanan tidak normal sehingga terjadi diare;
  4. Pada sistem pernafasan, terjadi pilek (seperti: bersin, hidung ingusan), sakit tenggorokan, batuk, dan nafas pendek;
  5. Terjadi penurunan jumlah sel darah putih pada sistem peredaran.

Bagaimana COVID-19 Menular?

Penularan SARS-CoV-2 sebagai penyebab COVID-19 dapat terjadi melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita.

Droplet merupakan partikel kecil yang berasal dari mulut penderita dan dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara mengandung kuman penyakit.

Droplet dapat melewati jarak tertentu dan biasanya hingga 1 meter dari mulut penderita. Droplet bisa menempel pada baju atau benda di sekitar penderita saat dia batuk atau bersin.

Hindari Corona Covid 19

Meskipun begitu, partikel droplet memiliki ukuran cukup besar jadi tidak akan bertahan di udara dalam waktu yang lama. Oleh sebab itulah, orang yang sedang menderita sakit, wajib menggunakan masker untuk mencegah penyebaran penyakit.

Kemungkinan penularan lainnya adalah melalui makanan. Walaupun sampai saat ini belum terbukti secara ilmiah.

Perlindungan Diri Dari Corona

Ada beberapa upaya untuk melindungi Diri dari COVID-19 sekaligus mengurangi atau meminimalisir dampak penyebarannya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau membantu menghentikan penyebaran coronavirus, antara lain:

  1. Jika batuk ataupun bersin, tutupi mulut dengan menggunakan tissue bersih. Kemudian, buang tissue tersebut pada tempat sampah yang tertutup;
  2. Bersihkan dan lakukan disinfektan permukaan benda yang sering disentuh;
  3. Kenakan masker hanya jika Anda sakit. Ganti secara berkala dan tetap tinggal di rumah, atau segera memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan;
  4. Sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir minimal 20 detik. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol minimal 60% untuk membersihkan tangan;
  5. Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergiszi dan cukup melakukan olahraga;
  6. Melakukan social distancing atau menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain untuk mengurangi resiko penularan;
  7. Tidak berbagi makanan dengan orang lain saat dalam perjalanan.

Pada intinya, upaya pencegahan bukan merupakan perilaku menjuhkan diri dari orang lain, melainkan melindungi diri dan orang lain. Jadi, mari kita bersama-sama mengurangi resiko penyebaran Covid19.

Beri Manfaat Berbagi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *